Jejak Yahudi Di Madinah (2)



Pengkhianatan dan Konspirasi Yahudi
Dipandangdarisudutmanapun,bagimasyarakatYahudi,kedatanganRasulullahsaw. dan kaummuslimin ke Madinah tidakmenguntungkan. Keharmonisan Aus dan Khazraj adalahancamanterbesarsejaklama,apalagiditambahpihakketigayangmenjadi kekuatanbaruyangsemakinmerekatkanhubunganmereka.MasyarakatYahuditidak pernahdapatmenghapustraumakehadiranpihakasingyangbertentangandengan kepentingan mereka. Eksistensi Yahudi di Madinah benarbenar diambang kehancuran.
Terlebihlagi,masyarakatMuhajirinMekahadalahpedagangpedaganghandal.Sejak harihari pertama kedatangannya, Abdurrahman bin `Auf telah menunjukkan kepiawaian dalammeraihkeuntungandipasarBaniQainuqa`(Bukhari:no.1908).Seiringdengan perjalananwaktu,Usmanbin`Affan,Zubairbin`Awwamdannamanamapopuler lainnyadalamkancahperdaganganArabmasaitumenjadi pesaingpesaingbarubagi pedagang Yahudi.
Persaingandipasardiperparahdengankehadiranaturanaturanbarudalamsegala transaksiekonomiyangdibuatolehRasulullahsaw.Laranganmenipu,menimbun, menjual khamr dan praktik riba, adalah diantara yang semakin mengekang sistempasar bebasyangberkembangsebelumnya.Khamr(arak)merupakankomoditiyangsangat potensialbagimasyarakatYahudi.Selainmenjajakanaraklokal,merekabiasa mengimpornya dari Syam.
Semuafaktor di atas, selain tentu saja keyakinandanagama,meningkatkan ketegangan antara Yahudi dan kaum muslimin. Beberapa fakta membuktikan adanya usaha individu ataupunkolektifkelompokYahudiuntukmemicuperselisihanhinggaperangbesar besaran.
a. Benihbenih Pengkhianatan
IbnIshaqmeriwayatkan,SyasbinQais,seorangsesepuhYahudimelewatisekelompok pemudaAusdanKhazrajyangsedangberkumpul.Merekaterlibatperbincanganyang hangat dan akrab. Pemandanganinimembakarhati Syas,maka segeraia suruh seorang pemudaYahudiuntukikutdalampembicaraantersebutdenganmengingatkanmereka kepadaperistiwakelamdimasalalu,perangBu`atsyangtelahmenelankorbantokoh tokoh besar Aus dan Khazraj.
Kehangatan segera berubah menjadi ketegangan. Kedua kelompok Anshar tersebut nyaris sajabakuhantam,bahkanterlibatpertumpahandarah,jikasajaRasulullahsaw.tidak segera datang dan melerai. (Ibn Hisyam: 553554).
KasusKa`bbinAsyraf, tokoh terkemuka Bani Nadhir,merupakanmodel paling krusial penaburan benih pengkhiantan dalam skala individu. Kelihaian menggubah puisi, media propagandapalingefektifmasaitu,menempatkanKa`bdalamposisiyangsangat membahayakan.SetelahkemenangankaummuslimindalamperangBadar,Ka`b menunjukkanpermusuhannyasecaraterbuka.IasegerapergikeMekahuntuk mengucapkan simpati danbelasungkawa atas terbunuhnya pembesarpembesar Quraisy diBadardalamrangakaianpuisiyangmenyayathati.Tidakcukupdisitu,iajuga mengobarkansemangatQuraisyuntuksegeramelupakankekalahandanmenyiapkan pembalasan yang jauh lebih hebat (alShallabi: 2/5658).
b. Konspirasi Yahudi
BaniQainuqa`adalahklanYahudiyanglebihdulumenunjukkanaksipengkhianatan kolektifterhadapkesepakatanPiagamMadinah.KemenangankaummuslimindiBadar membukamatamereka,bahwakekuatandandominasikaummuslimindiMadinah menjadikenyataan.BagiBaniQainuqa`,ketergantunganekonomikepadamekanisme pasar yang mereka kuasai tidak lagi menggairahkan seperti dahulu.
TampaknyabenihpengkhiantankolektifBaniQainuqa`telahterciumolehRasulullah saw.MenurutAbuDawud,beberapasaatsetelahkembalidariBadar,Rasulullahsaw. mengumpulkanBani Qainuqa` di pasarmereka untukmemberi peringatan. Namunjuru bicara Bani Qainuqa` malah menjawab, Hai Muhammad! Jangan pernah merasa bangga hanyakarenaberhasilmembunuhsegelintirorangorangQuraisyyangtidakpandai berperang itu. Seandainya kami yang menjadi lawanmu, engkau baru akan tahu, kamilah tandinganmu yang sebenarnya. Dan, engkau tidak akan banyak berkutik melawan kami. (alMubarakfuri: 226)
Sebatasperlawananverbal,Rasulullahsaw.hanyamelihatnyasebagaiindikator pengkhianatan. TapisetelahterjadikasuspelecehanwanitamuslimdipasarBani Qainuqa` yang disusul dengan pembunuhan lelaki muslim yang membelanya, Rasulullah saw. mengepung Bani Qainuqa` lalu mengusir mereka dari Madinah. PembunuhanKa`bbinAsyrafdanpengusiranBaniQainuqa`dariMadinahcukup meredamgejolakpengkhianatanklanYahudilainnya.Tapikekalahankaummuslimin dalamperangUhuddantragediBirMa`unahmenumbuhkankepercayaandiriYahudi. BaniNadhir,klanyangpalingkuatsaatitu,berkhianat.Diawalidenganmemberi perlindungankepadaAbuSufyansaatmelakukanoprasimiliter(PerangSawiq)ke Madinah (Ibn Ishaq: 108).
PelanggaranterhadapsalahsatupasalPiagamMadinahtersebutdisusuldengan pelanggaranlain.BaniNadhirtidakbersediamenanggungbiayadiyat(denda pembunuhan)yangseharusnyadipikulbersama.Bahkanlebihjauhlagi,mereka menyusunrencanapembunuhanNabisaw.(al`Umari:146).Rencanabusukitupun terbongkar, sehingga Rasulullah saw. segera mengumumkan ultimatum pengusiran Bani
Nadhir dari Madinah.
Mulanya Bani Nadhir berusaha bertahan karena Abdullah bin Ubay, pemimpin kelompok Munafikmenjanjikanbantuan(alMubarakfuri:280),tapikemudianmenyerahdan terpaksa meninggalkan Madinah setelah dikepung selama 15 hari. Pada dasarnya, mereka diusirkeSyam,tapisejumlahtokohpentingBaniNadhirsepertiHuyaybinAkhthab, Salam bin Abi alHuqaiq dan Kinanah bin Rabi` memutar haluan menuju Khaibar, koloni Yahudi terkuat di Hijaz. (alUmari: 149).
c. Kelihaian Lobi Yahudi; Kasus Perang Ahzab
AhzabadalahaliansisejumlahklanArabbesaryangmeliputiQuraisy,Ahbasy, Ghathafanbersamasekutunya.MerekamelakukankesepakatandenganYahudiuntuk menyerangMadinah.PerangAhzabyangmencatatrekorfantastikdalamsejarah peperangan Arab saat itu, sebenarnya bisa dikatakan sebagai bukti kelihaian lobi Yahudi. Para sejarawan mengungkapkan, provokator perang Ahzab adalah sebuah tim kecil yang dibentuk diKhaibar dan dipimpin oleh kalangan elit Bani Nadhir,yaitu SallambinAbi alHuqaiq, Huyay bin Akhthab, Kinanah bin Rabi`, Haudzah bin Qais dan Abu `Ammar (alShallabi:2/256).PembentukantiminitentudisetujuiolehtokohtokohYahudi Khaibar sendiri dengan target yang sangat besar, menggalang kekuatan Arab dalam satu pasukan terpadu untuk menyerang Madinah.
Sasaran tim yang paling realistis adalah dua kabilah Arab, Quraisy dan Ghathafan. Selain merupakankabilahbesardanmemilikisekutuyangloyal,keduanyamemiliki kepentinganlangsungdenganMadinah.MenggalangdukunganQuraisytentulebih mudah,karenapermusuhanmerekadenganMadinahsudahcukupmenjadipemicu utama. Tapi para provokator inimenambahkan dukunganmoralyang tidak kecil,yakni memberi pengakuan bahwa agama Quraisylebihbaik daripada agama Muhammad saw.
Allah swt. mengecam pragmatisme murahan Yahudi ini dalam surah alNisa: 5152:ApakahkamutidakmemperhatikanorangorangyangdiberibagiandariAlkitab? Merekapercayakepadajibtdanthaghut,danmengatakankepadaorangorangKafir (musyrikMekah),bahwamerekaitulebihbenarjalannyadariorangorangyang beriman.MerekaitulahorangyangdikutukiAllah.BarangsiapayangdikutukiAllah, niscaya kamu sekalikali tidak akan memperoleh penolong baginya.
SedangkanuntukmeraihdukunganGhathafan,timYahudimelakukankontrak kesepakatandengankabilahbesarNajedtersebutdalamduapasalyangsaling menguntungkan;1).Ghthafanharusmenghimpunpasukansebanyak6000orang;2). YahudiakanmembayarklanklanGhathafanyangbergabungdalampasukantersebut dengan seluruh hasil panen kurma Khaibar dalam setahun (alShallabi: 2/257).
Lobi Yahudiiniberhasil dengan gemilang.KabilahkabilahArabyang telahmelakukan kesepakatanituberdatangankeMadinahdenganseluruhkekuatanyangmerekamiliki. Tidaktanggungtanggung,jumlahmerekamencapai10.000pasukan.Jumlahyang disebutalMubarakfurisebagaicatatanrekorfantastisdalamsejarahkemiliteranArab pada masa itu.
MerasatidakcukupdenganmenggalangkekuatanArab.HuyaybinAkhthabberusaha kerasmembujukklanYahuditerakhiryangmasihberadadiMadinahdanmentaati kesepakatanPiagamMadinah,BaniQuraizhah,untukmendukunglogistikAhzabdan menggerogotikekuatanMadinahdaridalam.Lobiinipunakhirnyaberhasil.Quraizhah berkhianat,sehinggaMadinahsemakinterjepit(alMubarakfuri: 293).Namundengan strategiyangjitudanpertolonganAllahswt.,akhirnyakaummusliminberhasilkeluar dari medan perang sebagai pemenang.
DenganpengkhianatanBaniQuraizhah,habislahkekuatanYahudidiMadinah. Rasulullahsaw.menghukummerakasebagaipengkhianatperang,semualakilakiBani Quraizhahyangterlibatperangdipancung,anakanakdanwanitaditawan,danharta benda mereka dirampas (alMubarakfuri: 301).
Setelahitu, kekuatan Yahudiyang signifikanhanya tersisa diKhaibar. Di tempatinilah tersimpanpotensiancamanyangtidakdapatdiremehkan.Selainmenjdairahimyang melahirkan provokasi Ahzab, Khaibar memiliki bentengbenteng yang kuat dan letaknya sangat strategis karena berada di persimpangan jalan yang menghubungkan daerah timur dan selatan Jazirah Arab.
Rasulullahsaw.haruskonsentrasipenuhgunamelumpuhkankekuatanKhaibar. Gencatansenjatayangdisepakatidengan&

Follow On Twitter