Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Tipe-2



Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Tipe-2 [ www.BlogApaAja.com ]

Penderita diabetes tipe-2 tidak lagi memilikicukup insulin dalam tubuh untuk menjaga kadar glukosa darah normal. Jikatingkat gula dalam tubuh tiba-tiba melonjak akan menyebabkan hiperglikemia.



Gejala umum hiperglikemia termasuksering buang air kecil, kelelahan dan kelaparan. Kondisi ini biasanyamempengaruhi orang dewasa yang kelebihan berat badan, meskipun orang kurus puntetap berisiko.

Sebuah kondisi diabetes yang parahdapat menyebabkan komplikasi serius seperti masalah ginjal, kerusakan saraf,tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Kulit juga dapat mengembangkan lukadan infeksi terutama pada kaki, kadang-kadang mengarah ke amputasi.

Orang yang didiagnosis dengan diabetes,menurut American Diabetes Association, harus mengambil langkah untuk mengontrolgula darahnya. Cara yang tepat untuk mengontrol gula darah adalah makan denganbenar.

Berikut kriteria makanan yang perlu Andaperhatikan untuk membantu dalam manajemen berat badan dan mencegah diabetestipe-2 seperti dilansir naturalnews, antara lain:

1. Pilih makanan dengan kandungan karbohidratkompleks lebih banyak



Menjaga agar kadar gula dalam darah tetapstabil adalah prioritas utama bagi penderita diabetes. Itulah sebabnyakarbohidrat kompleks adalah yang lebih baik dari energi dibandingkandengan karbohidrat sederhana yang menghasilkan lonjakan aliran darah danmenyebabkan masalah serius.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi minumanmanis, kue dan permen. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandungkarbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang, dan pasta gandum utuhyang lambat dicerna dan diserap ke dalam darah, sehingga menghasilkan tingkatgula yang bertahap dan konsisten, bukan lonjakan yang tiba-tiba.

2. Tingkatkan jumlah serat yang dimakan



Serat adalah jenis karbohidrat, namun tidakdipecah oleh tubuh dan tidak memberikan kontribusi terhadap kalori. Seratmemiliki dua macam, yaitu serat larut dan tidak larut.

Serat larut memperlancar pencernaan, sedangkanserat larut dapat menurunkan kolesterol. The New England Journal of Medicinemenampilkan studi di mana penderita diabetes seharusnya mengonsumsi 50 gramserat larut setiap hari.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yangmemiliki serat lebih mampu mengontrol glukosa darah jauh lebih baik daripadayang tidak. Serat juga membantu Anda mengelola nafsu makan dan menjaga kalori.Buah dan sayuran merupakan yang baik untuk nutrisi ini.

3. Penuhi kebutuhan protein



Protein berperan dalam mengendalikan beratbadan. Sebuah studi yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwapeningkatan asupan protein dapat mengurangi berat badan lebih cepat daripadamembatasi konsumsi karbohidrat. Makan makanan yang kaya protein jugacenderung membuat orang lebih waspada daripada pengaruh konsumsi gula ataukarbohidrat.

4. Gunakan rempah-rempah untuk bumbu masakan



Menggunakan produk alami, bukan bahan perasamakanan adalah cara yang bagus untuk mengontrol gula darah Anda. Journal ofNutrition and Food Science menampilkan studi tentang fitokimia dalamrempah-rempah dapat meningkatkan aktivitas insulin dan menyajikan cara yanglebih alami dalam mengobati dan mencegah diabetes tipe-2.

Contoh dari rempah-rempah rumah tangga yangumum digunakan sebagai bumbu adalah kayu manis, bawang putih dan kemangi.Rempah-rempah ini juga telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah danmelindungi pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi penyakit kardiovaskularterkait dengan diabetes tipe-2.


Follow On Twitter